Tertarik Bisnis Kos-Kosan? Berikut Tips Suksesnya

Berdasarkan survey, kebutuhan akan tempat tinggal pada tahun 2014 mencapai angka 15 juta penduduk. Angka ini akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya pertambahan penduduk. Oleh karena itu, bisnis properti adalah cara investasi yang paling tepat saat ini. Salah satu bisnis properti yang sangat menggiurkan adalah usaha kos-kosan. Usaha kos-kosan sangat menggiurkan terutama jika terletak di kawasan universitas atau perkantoran.

Keuntungan Usaha Kos-Kosan

Usaha properti memang tidak ada ruginya, baik itu usaha perhotelan ataupun usaha kos-kosan. Selain tidak membutuhkan perawatan yang rumit, usaha properti juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Begitu pula dengan usaha kos-kosan. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis kos-kosan tersebut.

Cepat Balik Modal

Mendirikan sebuah kos-kosan memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Apalagi jika Anda mendirikan kos-kosan di lokasi yang strategis. Pasti harga tanahnya saja sudah tinggi. Selain itu, jika Anda membuat kos-kosan dengan fasilitas yang lengkap tentunya membutuhkan modal yang lebih besar lagi. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab berapa pun modal yang Anda keluarkan asalkan letak kos-kosan yang Anda miliki terletak di kawasan yang strategis maka akan membuat Anda cepat balik modal.

Harga Yang Selalu Naik

Apa pun bisnis properti yang Anda miliki pasti memiliki nilai jual yang semakin tinggi. Begitu pula dengan usaha kos-kosan. Anda dapat menaikkan harga sewa kos-kosan hingga 15% setiap tahunnya. Oleh karena itu, Anda akan memperoleh keuntungan yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Peminat Yang Semakin Meningkat

Jika Anda memiliki usaha kos-kosan di lokasi yang strategis maka bisa dijamin bahwa usaha kos-kosan yang Anda miliki tidak akan sepi peminat. Sebagai contoh jika Anda memiliki usaha kos-kosan di kawasan universitas, maka bisa dipastikan setiap tahun ajaran baru kos-kosan Anda pasti akan banyak peminat. Atau jika Anda memiliki kos-kosan di kawasan industri, maka setiap tahunnya juga akan ada karyawan baru yang akan membutuhkan tempat tinggal.

Membuka Peluang Usaha Lainnya

Jika Anda memiliki usaha kos-kosan, maka hal ini juga akan memberikan kemungkinan bagi terciptanya usaha lainnya. Biasanya di sekitar kos-kosan terdapat warung makan atau jasa laundry. Jika Anda memiliki modal lebih, maka Anda bisa mendirikan usaha lainnya di dekat kos-kosan yang Anda miliki. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda. Anda juga dapat menyewakan lahan yang dimiliki di dekat kos-kosan. Lahan tersebut dapat dijadikan area untuk rumah makan atau tempat usaha lainnya.

Lebih Menguntungkan Dari Lahan Kosong

Ketika Anda memiliki sebidang tanah di kawasan yang strategis, maka akan lebih menguntungkan jika Anda mendirikan bangunan diatasnya. Salah satunya adalah kos-kosan. Dengan berdirinya kos-kosan, maka Anda akan dapat memperoleh keuntungan lebih. Berbeda jika Anda membiarkan lahan tersebut kosong. Maka nilai jualnya akan lebih rendah.

Tips Mendirikan Kos-Kosan

Meskipun terlihat sederhana, namun mendirikan kos-kosan tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tips untuk mendirikan kos-kosan yang memiliki nilai sewa tinggi.

  1. Letak strategis

Anda dapat memilih lokasi strategis seperti kawasan universitas atau sekolah. Selain itu, Anda juga dapat mendirikan kos-kosan di kawasan industri atau perkantoran.

  1. Membandingkan harga tanah

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli tanah kos-kosan. Sebaiknya Anda membandingkan harga tanah terlebih dahulu. Cobalah untuk mencari tanah di lokasi yang strategis namun dengan harga yang cukup terjangkau.

  1. Prediksi masa depan

Anda harus bisa memperhitungkan apakah kos-kosan tersebut akan banyak peminat atau tidak. Tentunya hal ini dapat diprediksi dengan menilai lokasi serta bentuk bangunan dan fasilitas yang disediakan.